Sabtu, 22 Desember 2007

RENUNGAN...

"Berbahagialah orang yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan dan yang merenungkannya siang dan malam". Itulah sepenggal ayat Firman Tuhan yang ditulis oleh Daud dalam kitab Mazmur pada pasal yang pertama. Daud mengerti benar bahwa ada sesuatu yang luar biasa tatkala kita menyediakan waktu untuk merenungkan Firman Tuhan . Yang akhirnya dapat kita capai jalan menuju kebahagiaan itu.

Sebagian kita enggan untuk melakukan hal ini. Terkadang kita berpikir " Saya akan kehilangan waktu yang banyak jika saya melakukan suatu renungan. Masih banyak tugas-tugas lain yang harus saya selesaikan, dan itu memerlukan waktu yang cukup menyita. Saya tahu renungan itu penting tapi .... nanti ajalah ..."

Betapa amat disayangkan jika kita kurang ambil peduli dalam hal renungan ini. Padahal banyak orang-orang sekuler yang melakukan ini. Istilah yang mereka guanakan ialah meditasi. Sekarang sudah mulai banyak orang-orang sekuler yang tertarik dengan meditasi ini. Mereka menyadari ternyata meditasi banyak manfaatnya. Ketika ia kesulitan mencari penyelesaian masalah dalam perusahaan banyak dari mereka menyingkir untuk meditasi ataupun sekedar rekreasi. Dengan hati yang tenang dan jiwa yang bersih mereka berhasil menemukan cara penyelesaian masalah dan terkadang penyelesaiannya merupakan penyelesaian sederhana yang terlewatkan.

Ahli psikologi juga mengakui bahwa kesuksesan seseorang lebih banyak ditentukan oleh EQ daripada IQ. IQ lebih berbicara pada kemampuan dari intelektual seseorang yang didapat dari pelajaran dan keterampilan-keterampilan di sekolah. Sedangkan EQ berbicara kecerdasan emosional seseorang. IQ berbicara otak kiri sedangkan EQ berbicara otak kanan. Otak kiri terbatas sedangkan otak kanan tidak terbatas. Dan renungan/meditasi berbicara otak kanan.

Ternyata Tuhan sudah menyediakan jalan bagi kita untuk menjadi sukses. Yaitu dimulai dari suatu renungan. Dan Firman Tuhan adalah sumber renungan yang paling mujarab. Bukan hanya berbicara hal-hal rohani tapi menyangkut seluruh aspek kehidupan kita, termasuk pekerjaan dan usaha kita. Jadi '"Berbahagialah orang yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan dan yang merenungkannya siang dan malam"

0 komentar: