Selasa, 10 Juni 2008

"Perkataan"



Pernahkah kita menyadari bahwa "Perkataan" mempunyai arti yang penting bagi kita. Perkataan dapat membuat hidup semakin baik dan memperoleh apa yang kita inginkan dan perkataan juga dapat membuat hidup kita semakin hancur. So, apa yang Firman TUhan katakan tentang perkataan, let's check it !

1. Perkataan akan meyebabkan kita dibenarkan atau dihukum. Perkataan akan meyelamatkan atau menghancurkan kita.

“Karena menurut ucapanmu, engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan di hukum” (Mat 12:37)

“Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” Roma 10:10

2. Hati-hatilah dengan perkataan kita. Gunakanlah perkataan kita denga penuh hikmat karena Firman Tuhan juga berkata : ”Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman” (Mat 12:36)

3. Perkataan yang menyenangkan akan menjadi obat bagi yang mendengarkannya dan sebaliknya dapat juga menimbulkan sakit bagi yang mendengarnya. Bagunlah suasana yang menyenangkan di lingkungan Anda, di keluarga Anda dari perkataan yang kita keluarkan, yaitu perkatan yang positif, yang manis, benar dan yang membangun.

“Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang” (Amsal 16:24)

Ayub berkata : “Berapa lama lagi kamu menyakiti hatiku, dan meremukkan aku dengan perkataan?” (Ayub 19:2

4. Memperkatakan Firman Tuhan adalah syarat keberhasilan dan kesuksesan hidup.

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis didalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yos 1:8)

5. Perkatan berkuasa untuk membangun/ menghasilkan sesuatu, baik yang positif maupun yang negatif.

Perut orang dikeyangkan oleh hasil mulutnya, ia dikeyangkan oleh hasil bibirnya (Amsal 18:20)

6. Penuhi perkataan kita dengan perkataan Kristus.

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya diantara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyayikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu (Kol 3:16)

7. Pegang Teguh Perkataan / Pengakuan kita!

Salah satu peyebab manusia kalah dalam hidupnya adalah karena mereka mempunyai pengakuan berjenis ganda. Pada suatu waktu mereka mengaku demikian, tapi pada waktu lainnya membuat pengakuan yang lain juga. Didalam gereja berkata bahwa Tuhan adalah gembala ku, aku takkan kekurangan tapi di waktu yag berbeda suka mengatakan hidup ini susah, payah, tak cukup, dsb.

“Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus,Anak Allah, baiklah kita Teguh Berpegang pada pengakuan iman kita.” (Ibr 4:14)

8. Jaga hati Jaga Perkataan.

FT berkata : "Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati.." (MAt 15:18) So, jagalah hati dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan. Amsal 4:23


** ::::: GBU :::::: **

1 komentar:

Tha..^^ mengatakan...

suka postingan yang ini ko :)